Breaking

Friday, March 16, 2018

6 Hal yang Harus Selalu Diperhatikan pada Mobil Kesayangan


Sebagai pemilik mobil, kita harus terus memperhatikan kondisi kendaraannya agar bisa terus berjalan dalam kondisi baik. Secara singkat 6 hal tersebut adalah ban, oli mesin, rem, lampu, pendingin, dan wiper. Sebuah video yang muncul di YouTube seperti bisa Anda lihat di bawah ini mungkin bisa jadi panduan buat Anda yang malas ngoprek mobil.

Ban adalah hal pertama yang harus diperhatikan karena bersentuhan langsung dengan jalanan sehingga mengeceknya secara rutin merupakan prioritas utama.  Mengecek ban bisa dengan membuka buku manual mobil kita atau melihat stiker yang berisi informasi ban di bagian samping pintu pengendara soal tekanan ban. Setelah itu lihat kondisi ban apakah ada retakan atau tidak.

Oli mesin berfungsi untuk melubrikasi semua komponen yang bergerak. Secara sederhana level oli mesin bisa di cek setiap 2-4 minggu sekali, ini membantu agar mesin kita tetap awet. Jika level oli mesin rendah bisa diisi tapi jangan sampai berlebih memenuhi mesin dan menyembur. Kalau oli mesin kita harus diisi secara terus menerus berarti ada sesuatu masalah di mobil anda. Dan perhatikan juga asap knalpot anda, jika mesin di hidupkan dan di gas keluar asap putih kecoklatan tebal dan berbau oli maka segera cek ke autorized terdekat untuk pengecekan lebih lanjut. Apakah oli bermasalah atau komponen mesin ada trouble.

Sebaiknya pedal rem di cek setiap dua bulan sekali juga perhatikan cakram rem. Selain itu apabila saat mengerem terdengar suara, ganti pedal rem secepatnya. Dan jika ada suara aneh saat pengereman dan tidak tahu letak masalahnya, maka segera cek ke mekanik khusus rem untuk pengecekan dan perbaikan. Jangan lupa untuk pengecekan minyak rem di tabung reservoir, jika banyak kotoran yang tercampur dalam minyak rem sebaiknya di ganti untuk menghindari kerusakan pada piston rem dan master rem.

Sebelum melakukan perjalanan, semua lampu-lampu pada mobil anda cek saat diparkir nyalakan seluruh lampu dan cek apakah ada yang mati atau tidak. Ini cukup penting terlebih jika kita melakukan perjalanan malam hari. Dan sebagai jaga-jaga selalu siapkan sekring beberapa buah di box tools anda.

Pastikan air radiator pendingin terisi karena pada saat mobil berjalan semua komponen bergerak pasti menghasilkan panas. Pendingin ini di pompa ke blok mesin kemudian menyerap panas dan membawanya kembali ke radiator sebelum memulai prosesnya lagi dari awal. Jika kita membiarkan level pendingin turun mesin menjadi bermasalah.

Kita jarang membersihkan kaca mobil jika memang tidak diperlukan, seperti misalnya debu yang tebal sudah menghalangi jarak pandang saat menyetir. Ini penting untuk selalu mengisi air wiper. Dan perlu diketahui juga jika rajin bersihkan debu pada karet wiper atau gagang wiper maka menghindari dan memperkecil adanya goresan-goresan pada kaca oleh karena debu atau pasir yang melekat pada wiper.

No comments:

Post a Comment